Pria Sopan di Balik Sejarah Penemuan Stetoskop

14471106513_7af0534abd_z

 

Saat ini, sepertinya susah menemukan orang yang belum pernah merasakan dinginnya lempengan metal stetoskop saat menyentuh kulit. Entah lebih susah mana, dengan menemukan orang yang tahu mengenai sejarah alat medis ini.

Tahukah kamu, stetoskop ditemukan karena kesopan santunan seorang dokter Prancis bernama René Laennec?

Ladies and Gentlemen,I present you this gentleman

Ladies and Gentlemen, I present you this gentleman

Sejarah penemuan stetoskop dimulai tahun 1816, saat Pak René kedatangan pasien perempuan di tempat prakteknya, Rumah Sakit Necker-Enfants Malades, di Paris. Pasien yang diperkirakan bermasalah pada jantungnya ini, menurut keterangan di laman Wikipedia, ternyata punya lapisan lemak yang tebalnya mantap. Sampai-sampai, memeriksa detak jantung dengan rabaan tangan pun tak menghasilkan apa-apa.

Langkah berikutnya yang sebenarnya bisa dilakukan, adalah menempelkan langsung telinga Pak Dokter ke dada sang pasien. Tapi ternyata Pak René menganggap hal ini tak sopan dilakukan.

Beruntung, selain ilmu medis, ia juga cukup memahami dasar-dasar akustika. Ia kemudian menggulung selembar kertas menjadi bentuk silinder, dan mencoba mendengar detak jantung si pasien melalui lubangnya. Voilà, ternyata suaranya lebih jelas dibanding teknik menempelkan kuping langsung ke dada pasien.

Seterusnya, bisa ditebak, stetoskop mulai banyak digunakan tenaga medis. Mulai dari stetoskop edisi pertama yang terbuat dari kayu, sampai stetoskop masa kini yang bagian besinya maknyes bila bertemu kulit.

 

Sumber Informasi dan Ilustrasi:
Wikipedia
Flickr 

Curiosity

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *