Prajurit Wanita Amazon Nan Perkasa: Mitos atau Nyata?

Patung Prajurit Amazon di Samsun, Turki (Foto: Cobija/ Wikipedia)

Ada banyak mitos soal prajurit Amazon. Konon katanya, mereka adalah keturunan Dewa Ares, bahkan wanita ksatria ini disebut-sebut hanya punya satu payudara karena satunya telah dimutilasi. Katanya, tujuannya supaya tak mengganggu saat mereka memanah.

Hanya saja, selama ini tak sedikit yang meyakini bahwa para prajurit Amazon ini sebenarnya hanyalah fiksi, hanya ada di mitos belaka. Tapi benarkah seperti itu?

Sebenarnya, ada beberapa ahli sejarah yang berspekulasi bahwa sebenarnya mitos prajurit Amazon diilhami oleh para ksatria wanita yang memang pernah benar-benar  ada pada masa lalu.

Terutama, setelah muncul penemuan arkeologi yang mengejutkan pada tahun 1990-an. Kala itu, arkeolog asal Amerika Serikat dan Rusia bekerja sama melakukan penggalian kurgans atau kompleks pemakaman kuno di dekat Pokrovka, Rusia. Situs ini, diperkirakan telah berumur sekitar 2 ribu tahun.

Oleh orang-orang Yunani, mereka disebut sebagai Scythians.

Wanita Scythians nan Perkasa

Gambaran Prajurit Amazon dalam keramik, berasal dari masa 510 – 500 SM (Wikipedia.com)

Selain kerangka ksatria pria, arkeolog juga menemukan tengkorak para wanita yang dikubur bersama pedang, belati, hingga busur dan anak panah. Benda-benda ini, tak lazim ditemukan bersama kaum hawa.

Apalagi, para wanita ini ternyata dikubur dengan luka-luka yang bikin merinding.

Salah satu jenazah perempuan misalnya, dikubur dengan anak panah yang masih tertancap di kerangkanya. Ada pula yang memiliki kaki dengan lutut membengkok keluar. Ini diperkirakan karena ia terlalu sering berkuda. Jenazah ini dikubur bersama belati besi dan 40 anak panah perunggu di sisinya.

National Geographics menulis bahwa bangsa ini tinggal secara nomaden antara laut hitam hingga Mongolia.

Mengapa Begitu Badass?

Orang-orang Scythians ini tinggal dalam grup kecil, sehingga masing-masing harus memberikan kontribusi pada kelompoknya, entah soal mengumpulkan makanan atau mempertahankan diri.

Alhasil, tak heran bila para wanita pun mau tak mau tak boleh kalah jago dari pria dalam hal ini.

Nah, sejumlah orang meyakini bahwa para wanita perkasa inilah yang menjadi inspirasi munculnya mitos prajurit wanita Amazon. Bagaimana menurutmu?

Sumber:

Amazon Warriors Did Indeed Fight and Die Like Men
The Amazon Women: Is There Any Truth Behind the Myth?
Did the Amazons really exist? – Adrienne Mayor


Curiosity

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *